Karakteristik Tari Anak SD

Makalah
Pendidikan Tari dan Drama
Karakteristik Tari Anak Sekolah Dasar

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
                 Ki Hajar Dewantara, sebagaimana dimuat dalam tulisan Dwi Siswoyo, dkk. (2007:20), menjelaskan bahwa pendidikan adalah menuntut segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat. Selanjutnya menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Secara singkat, maka pendidikan dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan suatu usaha pendidik untuk menyalurkan ilmu pengetahuan serta nilai-nilai yang berlaku di masyarakat kepada peserta didik.
                 Eksistensi pendidikan tidak dapat terlepas dari adanya lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia salah satunya adalah Sekolah Dasar (SD). Pendidikan seni tari dan drama adalah salah satu materi yang termuat dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Sebagai seorang calon pendidik maka diperlukan pengetahuan tentang seni dan drama untuk anak usia SD. Keterampilan seorang guru dalam memahami karakteristik anak usia SD sangat diperlukan dalam menyampaikan materi ini.
                 Perlu dipahami bahwa karakteristik siswa SD berbeda-beda sesuai dengan tingkat perkembangannya. Perbedaan karakteristik siswa SD tersebut secara global dibedakan antara siswa SD kelas rendah dan tinggi. Kelompok tersebut mempunyai perbedaan yang tampak sekali, yang dapat diamati pada kerakteristik gerak dan karakteristik tarinya.


B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan problematika di atas, dapat dirumuskan masalah, yaitu:
1.      Bagaimanakah Karakteristik Gerak Anak Sekolah Dasar (SD) ?
2.      Bagaimanakah Karakteristik Tari Anak Sekolah Dasar (SD)

C.      Tujuan
Melihat dari rumusan masalah yang telah diuraikan di atas, tujuan dari rumusan masalah tersebut, yaitu:
1.      Mengetahui Karakteristik Gerak Anak Sekolah Dasar (SD).
2.      Mengetahui Karakteristik Tari Anak Sekolah Dasar (SD).


BAB II
PEMBAHASAN
A.      Karakteristik Tari
1.    Karakteristik Gerak Anak
                        Karakteristik gerak pada anak  umumnya mereka dapat melakukan dengan berbagai kegiatan-kegiatan pergerakan menirukan Apabila seorang guru dapat menunjukkan kepada anak didik suatu action yang dapat diamati (observable), maka anak akan mulai membuat tiruan action tersebut sampai pada tingkat otot-ototnya dan dituntut oleh dorongan kata hati untuk menirukannya. Bahwa dalam perkembangan umumnya anak  dapat melakukan kegiatan-kegiatan bergerak sebagai berikut :
  1. Menirukan, seperti yang telah penulis ungkapkan sebelumnya dalam upaya pengembangan kreativitas tari bahwa dalam bermain anak senang menirukan sesuatu yang dilihat. Anak dapat menirukan gerakan-gerakan yang dilihat baik dari televisi ataupun gerakangerakan yang secara langsung dilakukan oleh orang lain, berdasarkan tema maupun gerakangerakan binatang yang diamati.
  2. Manipulasi, dalam kegiatan ini anak-anak secara spontan menampilkan berbagai gerak-gerak dari obyek yang diamatinya. Namun dalam pengamatan dari obyek tersebut anak akan menampilkan sebuah gerakan yang hanya disukainya.
  3. keseksamaan (precision). Ini meliputi kemampuan anak didik dalam penampilan yang telah sampai pada tingkat perbaikan yang lebih tinggi dan memproduksi suatu kegiatan tertentu.
  4. artikulasi, yang utama disini anak didik telah dapat mengkoordinasikan serentetan action dengan menetapkan urutan/sikuen tepat diantara pada action yang berbeda-beda.
  5. naturalisasi, tingkat terakhir dari kemmapuan psikomotorik adalah apabila anak telah dapat melakukan secara alami satu action atau sejumlah action yang urut. Keterampilan penampilan ini telah sampai pada kemapuan yang paling tinggi dan action tersebut ditampilkan dengan pengeluaran energi yang minimum (sunaryo,1984).

           Menurut Kamtini dan Husni Wardhi Tanjung dalam bukunya yang berjudul Bermain Melalui Gerak dan Lagu di bahwa secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa karakteristik gerak fisik anak  adalah :
  1. Sederhana,
  2. Bersifat maknawi dan bertema, artinya tiap gerak mengandung tema tertentu,
  3. Gerak anak menirukan gerak keseharian orang tua dan juga orang-orang yang berada di sekitarnya,
  4. Anak juga menirukan gerak-gerak binatang.

         Seorang guru dalam menata sebuah tari-tarian bagi anak TK harus memperhatikan dua hal yaitu, harus memperhatikan bagian-bagian tubuh yang dapat dilatih dari karakteristik atau ciri-ciri gerak anak.

2.    Karakteristik Tari Anak
             Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dapat memberikan tari yang sesuai dengan karakteristik anak yaitu ada beberapa butir yang harus diketahui antara lain :
a.    Tema
        Bahwa pada umumnya anak-anak selalu menyenangi apa yang pernah dia lihat. Dari apa yang dilihatnya secara tidak disadari atau disadari dengan spontan. Anak akan menirukan gerak-gerak yang sesuai dengan apa yang pernah dilihatnya.
        Dari gerak-gerak yang pernah dilihat dan diamati oleh anak maka dapat dijadikan suatu tema. Tema-tema yang pada umumnya disenangi oleh anak-anak TK diantaranya adalah tingkah laku binatang seperti : kucing, anjing, burung, kupu-kupu, bebek dan lain-lain. Anak juga menirukan tingkah laku manusia seperti : ayah, ibu, dokter, insinyur dan lain-lain. Contohnya tingkah laku binatang seperti : kucing,anjing,burung ,dll serta tingkah laku manusia seperti : ayah,ibu,dokter dll
b.    Bentuk Gerak
        Bentuk gerak yang sesuai dengan karakteristik tari anak-anak, pada umumnya gerak-gerak yang dilakukannya tidaklah terlalu sulit dan sangat sederhana sekali. Mengingat pada dasarnya imajinasi anak TK tinggi dan mempunyai daya kreativitas yang tinggi pula. Dan bentuk-bentuk gerak yang biasa dilakukan adalah bentuk gerak-gerak yang lincah, cepat dan seakan menggambarkan kegembiraannya. Misalkan : bentuk gerak jalan ditempat dengan tepuk-teuk tangan
c.    Bentuk Iringan
        Dilihat dari karakteristik anak yang senang bergerak dengan gembira, anak TK biasanya menyenangi musik iringan yang menggambarkan kesenangan dan kegembiraan. Terutama lagu-lagu anak yang mudah diingat, misalnya : lagu kelinciku, kebunku, kupu-kupuku dan lainlain.
Misalnya : lagu keleinciku,kebunku,kupuku,dll
d.   Jenis Tari
        Apabila suatu karya cipta gerak tari sudah tersusun dan menjadi satu kesatuan tari anak, maka dibentuklah menjadi satu bentuk tari dan sebuah jenis tari yang sesuai dengan karakteristik dan sifat anak TK yang memiliki sifat kegembiraan atau kesenangan, geraknya yang lincah dan sederhana, dan iringan musiknya pun mudah dipahami oleh anak.
Misalkan tari gembira, tari kupu-kupu,tari kelinci, dll
                                              
B.       Karakteristik Gerak Motorik Anak
Karakteristik gerak motorik anak usia dini terdiri dari dua gerakan yaitu motorik halus dan motorik kasar.
1.    Keterampilan Koordinasi Gerakan Motorik Kasar.
      Gerakan ini meliputi kegiatan seluruh tubuh atau sebagian tubuh. Ketrampilan ini meliputi : ketahan, kecepatan, kelenturan, ketangkasan, keseimbangan dan kekuatan.
          Ketrampilan motorik kasar dapat dibagi dalam 3 kelompok:
Ketrampilan lokomotorik : Berlari, melompat, menderap, meluncur, berguling, behenti, berjalan setelah berhenti sejenak, menjatuhkan diri dan mengelak.
Ketrampilan non lokomotorik : menggerakkan anggota tubuh dengan posisi tubuh diam ditempat, berayun, berbelok, mengangkat, bergoyang, melengkung, memeluk, memutar dan mendorong.
Ketrampilan memproyeksi : menangkap, menerima, menendang, menggiring, melambung, memukul dan menarik.
2.    Keterampilan Koordinasi Gerakan Motorik Halus.
        Gerakan ini menyangkut koordinasi gerakan gerakan jari-jari tangan dalam melakukan berbagai aktivitas.Karakteristik gerak yang biasa dilakukan oleh pada umumnya adalah menirukan, manipulasi dan bersahaja.
        Gerakan–gerakan ini terbentuk dari unsur tenaga, ruang dan waktu :
  1. Tenaga. Penggunaan tenaga dalam gerakan tari meliputi beberapa hal yaitu : intensitas, aksen/tekanan, kualitas.
  2. Waktu (time). Waktu adalah berapa lama penari dalam melakukan suatu gerak : cepat/lambatnya (tempo), panjang pendek ketukan (ritme), lamanya melakukan gerakan (durasi).
  3. Ruang ( space ). Ruang didalam tari dapat dibedakan menjadi dua yaitu: Ruang yang diciptakan oleh penari dan Ruang pentas. Unsur-unsur pokok yang penting yang ada dalam ruang :

  • Garis, kesan garis timbul karena penari menggerakkan tubuhnya sedemikian rupa hingga membentuk garis tubuh diluar garis tubuh yang dialami.
  • Volume, kapasitas gerak atau jangkauan gerak yang tergantung dari besar kecilnya ruangan yang digunakan untuk menari.
  • Arah, yaitu arah hadap penari ketika melakukan gerak arah itu dapat ke depan, ke belakang, ke samping, dan ke arah lainnya.
  • Level, yaitu berhubungan dengan tinggi rendahnya penari pada saat melakukan gerakan.
  • Fokus, yaitu sudut pandang suatu perspektif penonton yang diperlukan dalam melakukan tarian.



BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Karakteristik siswa SD berbeda-beda sesuai dengan tingkat perkembangannya. Perbedaan karakteristik siswa SD tersebut secara global dibedakan antara siswa SD kelas rendah dan tinggi. Kelompok tersebut mempunyai perbedaan yang tampak sekali, yang dapat diamati pada kerakteristik gerak dan karakteristik tarinya.
Karakteristik  gerak anak meliputi, sebagai berikut :
  1. Menirukan.
  2. Manipulasi.
  3. Keseksamaan.
  4. Artikulasi.
  5. Naturalisasi.

Karakteristik  gerak anak meliputi, sebagai berikut :
  1. Tema.
  2. Bentuk Gerak.
  3. Bentuk Iringan.
  4. Jenis Tari.


B.    Saran
Saran yang bisa diberikan penulis adalah sebagai manusia dalam melakukan segala sesuatu sebaiknya mempertimbangkannya dulu. Yaitu melalui pemikiran (rasio atau akal), agar hasil yang akan didapatkan itu lebih baik dan memuaskan. Hasilnya akan berbeda jika dalam menentukan sesuatu tanpa melalui pertimbangan dan pemikiran, tentu kurang memuaskan.
Sebagai calon seorang guru, hendaknya diperlukan pengetahuan tentang seni dan drama untuk anak usia sekolah dasar. Keterampilan seorang guru dalam memahami karakteristik anak usia sekolah dasar sangat diperlukan dalam menyampaikan materi-materi pendidikan seni tari  di sekolah dasar.


DAFTAR PUSTAKA

  
Karakteristik Tari Anak SD
Item Reviewed: Karakteristik Tari Anak SD 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!