Makalah
Pendidikan Tari dan Drama
Karakteristik Tari Anak Sekolah Dasar
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Ki Hajar Dewantara, sebagaimana
dimuat dalam tulisan Dwi Siswoyo, dkk. (2007:20), menjelaskan bahwa pendidikan
adalah menuntut segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka
dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai
manusia dan sebagai anggota masyarakat. Selanjutnya menurut UU No. 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Secara singkat, maka pendidikan dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan
suatu usaha pendidik untuk menyalurkan ilmu pengetahuan serta nilai-nilai yang
berlaku di masyarakat kepada peserta didik.
Eksistensi pendidikan tidak
dapat terlepas dari adanya lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia salah
satunya adalah Sekolah Dasar (SD). Pendidikan seni tari dan drama adalah salah
satu materi yang termuat dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan.
Sebagai seorang calon pendidik maka diperlukan pengetahuan tentang seni dan
drama untuk anak usia SD. Keterampilan seorang guru dalam memahami
karakteristik anak usia SD sangat diperlukan dalam menyampaikan materi ini.
Perlu dipahami bahwa
karakteristik siswa SD berbeda-beda sesuai dengan tingkat perkembangannya. Perbedaan
karakteristik siswa SD tersebut secara global dibedakan antara siswa SD kelas rendah
dan tinggi. Kelompok tersebut mempunyai perbedaan yang tampak sekali, yang
dapat diamati pada kerakteristik gerak dan karakteristik tarinya.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan problematika di atas, dapat dirumuskan masalah, yaitu:
1.
Bagaimanakah Karakteristik Gerak Anak
Sekolah Dasar (SD) ?
2.
Bagaimanakah Karakteristik Tari Anak
Sekolah Dasar (SD)
C. Tujuan
Melihat dari rumusan masalah yang telah diuraikan
di atas, tujuan dari rumusan masalah tersebut, yaitu:
1.
Mengetahui Karakteristik Gerak Anak
Sekolah Dasar (SD).
2.
Mengetahui Karakteristik Tari Anak Sekolah Dasar
(SD).
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Karakteristik Tari
1. Karakteristik Gerak Anak
Karakteristik gerak pada anak
umumnya mereka dapat melakukan dengan berbagai kegiatan-kegiatan
pergerakan menirukan Apabila seorang guru dapat menunjukkan kepada anak didik
suatu action yang dapat diamati (observable), maka anak akan mulai membuat
tiruan action tersebut sampai pada tingkat otot-ototnya dan dituntut oleh
dorongan kata hati untuk menirukannya. Bahwa dalam perkembangan umumnya
anak dapat melakukan kegiatan-kegiatan
bergerak sebagai berikut :
- Menirukan, seperti yang telah penulis ungkapkan sebelumnya dalam upaya pengembangan kreativitas tari bahwa dalam bermain anak senang menirukan sesuatu yang dilihat. Anak dapat menirukan gerakan-gerakan yang dilihat baik dari televisi ataupun gerakangerakan yang secara langsung dilakukan oleh orang lain, berdasarkan tema maupun gerakangerakan binatang yang diamati.
- Manipulasi, dalam kegiatan ini anak-anak secara spontan menampilkan berbagai gerak-gerak dari obyek yang diamatinya. Namun dalam pengamatan dari obyek tersebut anak akan menampilkan sebuah gerakan yang hanya disukainya.
- keseksamaan (precision). Ini meliputi kemampuan anak didik dalam penampilan yang telah sampai pada tingkat perbaikan yang lebih tinggi dan memproduksi suatu kegiatan tertentu.
- artikulasi, yang utama disini anak didik telah dapat mengkoordinasikan serentetan action dengan menetapkan urutan/sikuen tepat diantara pada action yang berbeda-beda.
- naturalisasi, tingkat terakhir dari kemmapuan psikomotorik adalah apabila anak telah dapat melakukan secara alami satu action atau sejumlah action yang urut. Keterampilan penampilan ini telah sampai pada kemapuan yang paling tinggi dan action tersebut ditampilkan dengan pengeluaran energi yang minimum (sunaryo,1984).
Menurut
Kamtini dan Husni Wardhi Tanjung dalam bukunya yang berjudul Bermain Melalui
Gerak dan Lagu di bahwa secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa karakteristik
gerak fisik anak adalah :
- Sederhana,
- Bersifat maknawi dan bertema, artinya tiap gerak mengandung tema tertentu,
- Gerak anak menirukan gerak keseharian orang tua dan juga orang-orang yang berada di sekitarnya,
- Anak juga menirukan gerak-gerak binatang.
Seorang
guru dalam menata sebuah tari-tarian bagi anak TK harus memperhatikan dua hal
yaitu, harus memperhatikan bagian-bagian tubuh yang dapat dilatih dari
karakteristik atau ciri-ciri gerak anak.
2. Karakteristik Tari Anak
Ada beberapa hal yang
perlu diperhatikan untuk dapat memberikan tari yang sesuai dengan karakteristik
anak yaitu ada beberapa butir yang harus diketahui antara lain :
a.
Tema
Bahwa pada umumnya anak-anak selalu
menyenangi apa yang pernah dia lihat. Dari apa yang dilihatnya secara tidak
disadari atau disadari dengan spontan. Anak akan menirukan gerak-gerak yang
sesuai dengan apa yang pernah dilihatnya.
Dari gerak-gerak yang pernah dilihat
dan diamati oleh anak maka dapat dijadikan suatu tema. Tema-tema yang pada
umumnya disenangi oleh anak-anak TK diantaranya adalah tingkah laku binatang
seperti : kucing, anjing, burung, kupu-kupu, bebek dan lain-lain. Anak juga
menirukan tingkah laku manusia seperti : ayah, ibu, dokter, insinyur dan
lain-lain. Contohnya tingkah laku binatang seperti : kucing,anjing,burung ,dll
serta tingkah laku manusia seperti : ayah,ibu,dokter dll
b.
Bentuk Gerak
Bentuk gerak yang sesuai dengan
karakteristik tari anak-anak, pada umumnya gerak-gerak yang dilakukannya
tidaklah terlalu sulit dan sangat sederhana sekali. Mengingat pada dasarnya
imajinasi anak TK tinggi dan mempunyai daya kreativitas yang tinggi pula. Dan
bentuk-bentuk gerak yang biasa dilakukan adalah bentuk gerak-gerak yang lincah,
cepat dan seakan menggambarkan kegembiraannya. Misalkan : bentuk gerak
jalan ditempat dengan tepuk-teuk tangan
c.
Bentuk Iringan
Dilihat dari karakteristik anak yang
senang bergerak dengan gembira, anak TK biasanya menyenangi musik iringan yang
menggambarkan kesenangan dan kegembiraan. Terutama lagu-lagu anak yang mudah
diingat, misalnya : lagu kelinciku, kebunku, kupu-kupuku dan lainlain.
Misalnya : lagu
keleinciku,kebunku,kupuku,dll
d.
Jenis Tari
Apabila suatu karya cipta gerak tari
sudah tersusun dan menjadi satu kesatuan tari anak, maka dibentuklah menjadi
satu bentuk tari dan sebuah jenis tari yang sesuai dengan karakteristik dan
sifat anak TK yang memiliki sifat kegembiraan atau kesenangan, geraknya yang
lincah dan sederhana, dan iringan musiknya pun mudah dipahami oleh anak.
Misalkan tari gembira, tari kupu-kupu,tari
kelinci, dll
B.
Karakteristik Gerak Motorik Anak
Karakteristik gerak
motorik anak usia dini terdiri dari dua gerakan yaitu motorik halus dan
motorik kasar.
1.
Keterampilan Koordinasi
Gerakan Motorik Kasar.
Gerakan
ini meliputi kegiatan seluruh tubuh atau sebagian tubuh. Ketrampilan ini
meliputi : ketahan, kecepatan, kelenturan, ketangkasan, keseimbangan dan
kekuatan.
Ketrampilan
motorik kasar dapat dibagi dalam 3 kelompok:
Ketrampilan lokomotorik : Berlari,
melompat, menderap, meluncur, berguling, behenti, berjalan setelah berhenti
sejenak, menjatuhkan diri dan mengelak.
Ketrampilan non lokomotorik :
menggerakkan anggota tubuh dengan posisi tubuh diam ditempat, berayun,
berbelok, mengangkat, bergoyang, melengkung, memeluk, memutar dan mendorong.
Ketrampilan memproyeksi :
menangkap, menerima, menendang, menggiring, melambung, memukul dan menarik.
2.
Keterampilan Koordinasi
Gerakan Motorik Halus.
Gerakan
ini menyangkut koordinasi gerakan gerakan jari-jari tangan dalam melakukan
berbagai aktivitas.Karakteristik
gerak yang biasa dilakukan oleh pada umumnya adalah menirukan, manipulasi dan bersahaja.
Gerakan–gerakan
ini terbentuk dari unsur tenaga, ruang dan waktu :
- Tenaga. Penggunaan tenaga dalam gerakan tari meliputi beberapa hal yaitu : intensitas, aksen/tekanan, kualitas.
- Waktu (time). Waktu adalah berapa lama penari dalam melakukan suatu gerak : cepat/lambatnya (tempo), panjang pendek ketukan (ritme), lamanya melakukan gerakan (durasi).
- Ruang ( space ). Ruang didalam tari dapat dibedakan menjadi dua yaitu: Ruang yang diciptakan oleh penari dan Ruang pentas. Unsur-unsur pokok yang penting yang ada dalam ruang :
- Garis, kesan garis timbul karena penari menggerakkan tubuhnya sedemikian rupa hingga membentuk garis tubuh diluar garis tubuh yang dialami.
- Volume, kapasitas gerak atau jangkauan gerak yang tergantung dari besar kecilnya ruangan yang digunakan untuk menari.
- Arah, yaitu arah hadap penari ketika melakukan gerak arah itu dapat ke depan, ke belakang, ke samping, dan ke arah lainnya.
- Level, yaitu berhubungan dengan tinggi rendahnya penari pada saat melakukan gerakan.
- Fokus, yaitu sudut pandang suatu perspektif penonton yang diperlukan dalam melakukan tarian.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Karakteristik siswa SD berbeda-beda
sesuai dengan tingkat perkembangannya. Perbedaan karakteristik siswa SD
tersebut secara global dibedakan antara siswa SD kelas rendah dan tinggi.
Kelompok tersebut mempunyai perbedaan yang tampak sekali, yang dapat diamati
pada kerakteristik gerak dan karakteristik tarinya.
Karakteristik gerak anak meliputi, sebagai berikut :
- Menirukan.
- Manipulasi.
- Keseksamaan.
- Artikulasi.
- Naturalisasi.
Karakteristik gerak anak meliputi, sebagai berikut :
- Tema.
- Bentuk Gerak.
- Bentuk Iringan.
- Jenis Tari.
B. Saran
Saran yang bisa diberikan penulis adalah sebagai
manusia dalam melakukan segala sesuatu sebaiknya mempertimbangkannya dulu.
Yaitu melalui pemikiran (rasio atau akal), agar hasil yang akan didapatkan itu
lebih baik dan memuaskan. Hasilnya akan berbeda jika dalam menentukan sesuatu
tanpa melalui pertimbangan dan pemikiran, tentu kurang memuaskan.
Sebagai calon seorang guru, hendaknya diperlukan
pengetahuan tentang seni dan drama untuk anak usia sekolah dasar. Keterampilan
seorang guru dalam memahami karakteristik anak usia sekolah dasar sangat
diperlukan dalam menyampaikan materi-materi pendidikan seni tari di sekolah dasar.
DAFTAR PUSTAKA
1 comments:
bisa d download..?
Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^